Penjelasan Mengenai Pasar Modal

Categories: blog

Ketika berbicara tentang pasar modal, hal apakah yang terbayang di benak Anda? Tentu saja, hal tersebut pasti berhubungan dengan penawaran dan perdagangan. Berbeda dengan berdagang di pasar, hal yang dijual di pasar modal adalah surat-surat berharga. Namun, pasar modal juga hampir sama dengan pasar biasa dimana di dalam pasar tersebut akan bertemu pedagang dan pembeli yang akan melakukan penawaran. Jadi bagi Anda yang ingin memahami lebih jauh mengenai pasar modal. Yuk, simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Pasar Modal

Pasar modal adalah salah satu aspek penting dari setiap pasar keuangan. Oleh karena itu perlu untuk mempelajari arti yang benar. Secara garis besar pasar modal adalah pasar untuk aset keuangan yang memiliki kematangan yang panjang atau tidak terbatas. Tidak seperti instrumen pasar uang, instrumen pasar modal menjadi matang untuk periode di atas satu tahun.

Ini adalah pengaturan kelembagaan untuk meminjam dan meminjamkan uang dalam jangka waktu yang lebih lama. Ini terdiri dari lembaga keuangan seperti IDBI, ICICI, UTI, LIC dan dll. Lembaga-lembaga ini memainkan peran pemberi pinjaman di pasar modal.

Disisi lain Pasar modal juga membantu menyalurkan dana surplus dari penabung ke lembaga-lembaga yang kemudian menginvestasikannya ke dalam penggunaan produktif. Umumnya, pasar ini sebagian besar diperdagangkan dalam sekuritas jangka panjang. Baik sumber penempatan pribadi dan pasar terorganisir seperti bursa efek termasuk di dalamnya.

Pasar modal terdiri dari pasar primer dan pasar sekunder. Pasar primer berurusan dengan perdagangan isu-isu baru dari saham dan sekuritas lainnya, sedangkan pasar sekunder berkaitan dengan pertukaran sekuritas yang sudah ada atau yang sebelumnya diterbitkan. Pembagian penting lainnya di pasar modal dibuat atas dasar sifat keamanan yang diperdagangkan, yaitu pasar saham dan pasar obligasi.

Sejarah Pasar Modal

Pasar modal di Indonesia sebenarnya sudah terbentuk sejak abad ke 19. Pada masa tersebut, bahkan Indonesia masih dalam masa penjajahan kolonial Belanda. Batavia yang sekarang menjadi Jakarta menjadi tempat didirikannya bursa efek oleh Amserdamse Effectenbueurs. Pada masa itu, masyarakat belum berperan aktif dalam kegiatan pasar modal.

Selanjutnya, pada masa pemerintahan orde baru pemerintah Indonesia lebih terbuka dalam menerima modal asing dari luar negeri. Hal tersebut dilakukan agar pertumbuhan ekonomi di Indonesia pun lebih meningkat. Namun demikian, tetap ada aturan-aturan yang harus dilakukan yang telah ditetapkan dalam Keputusan Presiden mengenai pasar modal.

Pasar modal di Indonesia kembali mengalami perubahan pada tahun 1995 di mana Jakarta Automatic Trading System telah diberlakukan. Sistem bursa ini dapat dilakukan secara otomatis yang sebelumnya dilakukan secara manual. Perdagangan jarak jauh pun bisa dilakukan dengan menggunakan Remote Trading. Begitulah, dengan berbagai rintangan yang ada pasar modal tetap ada di hati masyarakat sampai sekarang.

Jenis- Jenis Pasar Modal

Di atas kita telah banyak berbicara tentang pasar modal, namun tahukah Anda bahwa ternyata pasar modal juga memiliki banyak lagi jenis- jenis? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bersama-sama jenis dari pasar modal ini. Secara garis besar pasar modal terbagi dalam dua segmen, pasar primer dan pasar sekunder:

  • Pasar Primer: Jika tidak disebut sebagai Pasar Masalah Baru, itu adalah pasar untuk perdagangan sekuritas baru, untuk pertama kalinya. Ini mencakup baik penawaran umum perdana dan penawaran umum lebih lanjut. Di pasar primer, mobilisasi dana dilakukan melalui prospektus, right issue dan penempatan sekuritas pribadi.
  • Pasar Sekunder: Pasar Sekunder dapat digambarkan sebagai pasar untuk sekuritas lama, dalam arti bahwa efek yang sebelumnya diterbitkan di pasar primer diperdagangkan di sini. Perdagangan terjadi antara investor, yang mengikuti masalah asli di pasar primer. Ini mencakup bursa saham dan pasar over-the counter.

Pasar modal meningkatkan kualitas informasi yang tersedia bagi investor mengenai investasi. Untuk itu juga memainkan peran penting dalam mendorong penerapan aturan tata kelola perusahaan, yang mendukung lingkungan perdagangan. Ini termasuk semua proses yang membantu dalam transfer sekuritas yang sudah ada.

Fungsi Pasar Modal

Seperti pasar modal, pasar uang juga sangat penting. Ini juga memainkan peran penting dalam perekonomian nasional. Pasar modal yang berkembang dan dinamis dapat sangat berkontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan ekonomi yang cepat. Anda pasti sudah merasakan manfaat dari pasar modal. Itulah mengapa Anda harus benar-benar paham tentang fungsi dari pasar modal itu sendiri.

Pasar modal merupakan suatu kegiatan yang berhubungan langsung dengan perekonomian masyarakat. Oleh karena itu, manfaat pasar modal sangat erat kaitannya dengan fungsi ekonomi bagi masyarakat. Berikut beberapa fungsi dari adanya pasar modal untuk masyarakat.

Mobilisasi Tabungan: Pasar modal adalah sumber terpenting untuk memobilisasi tabungan menganggur dari ekonomi. Memobilisasi ini dana dari orang-orang untuk investasi lebih lanjut di saluran produktif ekonomi. Dalam arti ini mengaktifkan sumber daya moneter yang ideal dan menempatkan mereka dalam investasi yang tepat.

Pembentukan Modal: Pasar modal membantu dalam pembentukan modal. Pembentukan modal adalah tambahan bersih yang ada dalam perekonomian. Melalui mobilisasi ini menghasilkan penghematan; penghematan yang dimobilisir tersedia untuk berbagai segmen seperti pertanian, industri, dll. Ini membantu dalam meningkatkan pembentukan modal.

Penyediaan Investasi: Pasar modal meningkatkan sumber daya untuk jangka waktu yang lebih lama. Dengan demikian, ini memberikan jalan investasi bagi orang-orang yang ingin menginvestasikan sumber daya untuk jangka waktu yang lama. Ini juga dapat memberikan tingkat bunga yang sesuai juga bagi investor. Instrumen seperti obligasi, ekuitas, unit reksa dana, polis asuransi dll. Pasti memberikan beragam peluang investasi bagi publik.

Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan: Pasar modal meningkatkan produksi dan produktivitas dalam perekonomian nasional. Karena membuat dana tersedia untuk jangka waktu yang lama, persyaratan keuangan dipenuhi oleh pasar modal. Ini juga membantu dalam penelitian dan pengembangan. Ini membantu dalam, meningkatkan produksi dan produktivitas dalam ekonomi dengan generasi lapangan kerja dan pengembangan infrastruktur.

Regulasi Dana yang Tepat: Pasar modal tidak hanya membantu dalam mobilisasi dana, tetapi juga membantu dalam alokasi sumber daya yang tepat. Untuk itu ini juga dapat memiliki regulasi atas sumber daya sehingga dapat mengarahkan dana secara kualitatif.

Penyediaan Layanan: Sebagai seting keuangan yang penting, pasar modal juga menyediakan berbagai jenis layanan. Bahkan ini juga termasuk pinjaman jangka panjang dan menengah untuk industri, jasa penjaminan, jasa konsultasi, pembiayaan ekspor dll. Layanan ini membantu sektor manufaktur dalam spektrum besar.

Ketersediaan Dana Berkelanjutan: Pasar modal adalah tempat di mana jalan investasi terus tersedia untuk investasi jangka panjang. Ini adalah pasar cair karena membuat dana tersedia secara berkelanjutan. Baik pembeli dan penjual dapat dengan mudah membeli dan menjual sekuritas karena mereka terus tersedia. Pada dasarnya transaksi pasar modal terkait dengan bursa efek. Dengan demikian pemasaran di pasar modal menjadi mudah.

Manfaat Pasar modal

Nah, setelah kita sudah membahas mengenai fungsi pasar modal. Selanjutnya kita memberikan manfaat dari pasar modal. Jika Anda telah mempelajari tentang berbagai macam fungsi dari pasar modal di atas, maka setidaknya Anda sudah bisa menyimpulkan sedikit mengenai manfaat dari pasar modal. Berikut beberapa manfaat dari pasar modal bagi masyarakat.

  • Membuka lapangan pekerjaan

Manfaat yang pertama adalah membuat lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Berbagai perusahaan pastinya akan mendapat dana tambahan dari investor dengan adanya pasar modal. Dana tersebut pastilah akan digunakan untuk meningkatkan perusahaannya.

Dalam rangka meningkatkan perusahaan, perusahaan akan merekrut banyak tenaga kerja untuk membuka cabang atau pun menciptakan bisnis yang baru. Lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang masih menganggur pun akan terbuka dengan lebih lebar.

  • Masyarakat dapat memperoleh barang konsumsi dengan lebih mudah

Berbagai kebutuhan konsumsi seperti sandang dan pangan tentu sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Secara tidak langsung, barang-barang tersebut dapat diperoleh masyarakat dengan lebih mudah dengan adanya pasar modal.

Mengapa demikian?

Karena perusahaan yang menghasilkan produk konsumsi memperoleh dana tambahan untuk mengembangkan usahanya, maka perusahaan pun dapat mendistribusikan barang-barang produksi kepada masyarakat dengan lebih baik. Jadi, masyarakat bisa menikmati barang konsumsi dengan lebih mudah.

  • Membuat masyarakat yang ingin menjadi investor menemukan jalan

Banyak orang yang sebenarnya ingin menjadi investor namun tidak tahu akan mulai dari mana. Dengan adanya pasar modal, para investor baru dapat bergabung di dalamnya untuk mulai menemukan investasi yang tepat untuk mereka.

  • Masyarakat dapat menikmati keuntungan umum dari perusahaan

Apakah maksudnya? Jika perusahaan yang telah mendapatkan dana dan sedang berusaha meningkatkan perusahaannya tersebut ternyata memang berjalan dengan mulus, maka sudah jelas perusahaan tersebut mendapatkan banyak keuntungan.

Banyaknya keuntungan yang didapat akan membuat perusahaan memberikan bonus untuk karyawannya. Pemerintah pun akan mendapatkan pajak dari perusahaan. Begitu banyak manfaat dari pasar modal bagi masyarakat, dan Anda pun dapat berperan serta atau bergabung dalam kegiatan yang sangat bermanfaat ini.