Pengertian, Sektor, Serta Sistem Yang Terdapat Pada Ekonomi

Categories: blog

Halo teman-teman sekalian.. Apa kabarnya nih? Semoga baik-baik saja yaa.. Oiya, gimana nih perkembangan Ekonomi dinegara kalian? Tapi sebelum bahas itu, apa kalian mengetahui tentang Ekonomi? Nah, kali ini saya akan menjelaskan apa itu ekonomi serta apa saja sistem yang terdapat pada ekonomi. Simak yuk ulasan dibawah ini.

Apa Itu Ekonomi?

Ekonomi merupakan ilmu sosial yang membahas mengenai cara mencukupi kebutuhan, aktivitas pada manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Ilmu yang diajarkan ialah Ilmu Ekonomi yang merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran.

Istilah “Ekonomi” sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu οἶκος (oikos) yang berarti “Keluarga, rumah tangga” dan νόμος (nomos) yang berarti “Peraturan, aturan, hukum” jika digabungkan menjadi οἰκονόμος (oikos nomos) berarti pengelolaan atau manajemen rumah tangga.

Dari kedua kata itu Ekonomi berasal dan terbentuk. Secara garis besar, Ekonomi dapat diartikan sebagai “Aturan rumah tangga” atau “Manajemen rumah tangga”. Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.

Pada ilmu pengetahuan, ilmu ekonomi selalu berkaitan dengan berbagai macam ilmu sosial, karena ekonomi selalu berkaitan dengan masalah yang dihadapi oleh manusia, yang dapat menjadi inti pembahasan dalam ilmu sosial.

Ekonomi memang sangat berhubungan dengan semua orang, tetapi dibalik itu semua ekonomi juga harus mempunyai prinsip agar kita bisa mengetahui apa saja yang dibutuhkan. Berikut diantaranya:

  • Prinsip Produsen

Prinsip produsen merupakan prinsip ekonomi yang digunakan untuk menentukan bahan baku, yang dimana alat produksi maupun biaya produksi dari bahan baku menjadi bahan jadi. Prinsip ini ditekankan kepada bahan baku serendah mungkin dan dapat menghasilkan produk atau barang yang berkualitas baik.

  • Prinsip Penjual atau Pedagang

Prinsip penjual merupakan prinsip ekonomi yang digunakan untuk melakukan berbagai macam usaha agar dapat memenuhi selera dari kosumen. Prinsip ini ditekankan pada promosi atau iklan, reward hadiah, dan lain sebagainya dengan tujuan agar memperoleh banyak pelanggan sehingga keuntungan akan semakin besar.

  • Prinsip Pembeli

Prinsip pembeli merupakan prinsip ekonomi yang digunakan untuk mendapatkan produk maupun jasa yang bermutu dan memiliki kualitas yang baik namun dengan biaya yang seminim mungkin.

Macam-macam Ilmu Ekonomi

Ekonomi memang membahas mengenai cara bagaimana bisa mencukupi kebutuhan, akan tetapi ilmu ekonomi membahas tentang bagaimana cara kita untuk mempelajari perilaku manusia. Nah, dibawah ini ada beberapa macam dari ilmu ekonomi antara lain sebagai berikut:

  1. Ekonomi Deskriptif, adalah bagian ilmu ekonomi yang menggambarkan keterangan-keterangan faktual tentang suatu keadaan ekonomi dalam bentuk angka-angka, grafik, kurva, atau penyajian lainnya. Ilmu ekonomi dipergunakan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) untuk menyajikan keadaan ekonomi, baik makro maupun mikro.
  2. Teori Ekonomi, adalah bagian ilmu ekonomi yang menjelaskan mekanisme kegiatan ekonomi. Teori ekonomi ini dibagi menjadi dua, yaitu teori ekonomi mikro dan teori ekonomi makro.
  3. Ekonomi Terapan, adalah bagian ilmu ekonomi yang menggunakan kesimpulan-kesimpulan yang diperoleh dari teori ekonomi untuk menjelaskan masalah-masalah yang dikumpulkan dalam ekonomi deskriptif.

Sumber Ekonomi

Sumber dalam ekonomi terdapat beberapa jenis, antara lain sebagai berikut:

  • Sumber yang berasal dari alam, misalnya seperti: minyak bumi, hasil pertambangan, air, udara dan lain-lain.
  • Sumber yang berasal dari manusia, misalnya seperti: tenaga manusia, kemampuan mental, keahlian atau keterampilan dan sebagainya.
  • Sumber yang berasal dari buatan manusia, misalnya seperti: gedung atau bangunan, mesin, jalan atau barang-barang modal lainnya.
  • Sumber Entrepreneurship (Kepengusahaan), tersedianya tiga sumber diatas tidak akan menjamin bahwa akan timbulnya kegiatan produksi. Karena kegiatan produksi tidak akan terjadi dengan sendirinya, jadi harus ada pihak-pihak yang berusaha untuk mengelola ketiga sumber tersebut sehingga bisa menghasilkan produk dan jasa yang diperlukan manusia. Mereka yang berusaha dan berinisiatif mengelola ketiga sumber daya tersebut adalah para entrepreneurship atau pengusaha. Jadi pengusaha bisa digolongkan menjadi salah satu sumber ekonomi.

Fungsi Ekonomi

Fungsi Ekonomi mempunyai tugas pokok antara lain :

1. Meningkatkan hubungan dan kerjasama ekonomi antara Indonesia dengan negara akreditasi atau organisasi internasional serta lembaga-lembaga resmi lainnya.

2. Sarana pendorong dalam melakukan produksi metode menorganisasikan aktivitas individu, sehingga dapat terciptanya mekanisme tertentu supaya pendistribusian barang maupun jasa terlaksana secara baik.

3. Penyebar luasan informasi mengenai situasi dan perkembangan ekonomi Indonesia di berbagai forum melalui berbagai program dan kegiatan.

Sektor Apa Saja Yang Membuat Ekonomi Sebagai Kebutuhan?

Ada 5 sektor yang membuat ekonomi sebagai kebutuhan, antara lain sebagai berikut:

  • Sektor Primer

Sektor Primer merupakan sektor ekonomi tradisional yang dimana memanfaatkan langsung dari alam yang langsung bisa memenuhi kebutuhan hidup masyarakat dalam suatu bangsa. Sumber daya alam bisa diperoleh dari beberapa sektor seperti pertanian, perhutanan, perikanan, pertambangan, dan sebagainya. Industri yang mengolah menjadi hasil dari sektor primer disebut dengan “Industri Sektor Primer”.

  • Sektor Sekunder

Sektor sekunder merupakan sektor ekonomi yang mengolah hasil sektor primer menjadi barang jadi, seperti pada manufaktur dan konstruksi. Industri ini juga dapat dibagi menjadi industri ringan dan industri berat. Dalam proses produksinya, industri pada sektor ini umumnya mengonsumsi energi dalam jumlah yang besar, memerlukan pabrik dan mesin, serta menghasilkan limbah. Sektor sekunder juga mendapatkan suplai bahan mentah dari sektor primer seperti usaha produksi, usaha konstruksi yang masing-masing dapat dibagi lagi menjadi industri berat dan ringan, dan sebagainya.

  • Sektor Tersier

Sektor tersier adalah produk yang tidak berwujud atau tidak berbentuk. Produk ini bisa diwujudkan dalam bentuk jasa, layanan, servis, konsultasi, sumber daya manusia dan sebagainya. Lebih banyak melibatkan ilmu pengetahuan dan keahlian pelakunya yang diharapkan mampu meningkatkan hasil kerja dari sektor lain yang memanfaatkan jasanya.

  • Sektor Quartener

Sektor Quartener merupakan sektor ekonomi yang mencakup penyediaan jasa dengan memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan. Sektor ini merupakan pengembangan dari sektor tersier, dengan melibatkan kekayaan intelektual. Contoh jasa yang termasuk ke dalam sektor ini adalah teknologi informasi, konsultasi, pendidikan, dan penelitian. Sektor ini juga meliputi kebudayaan, kepustakaan, pemerintahan, riset ilmiah, informasi maupun kependidikan.

  • Sektor Quiner

Sektor Quiner merupakan sektor-sektor dari quartener yang bertindak sebagai pengambil keputusan utama yang dampaknya langsung dirasakan oleh masyarakat.

Memang saat ini, Indonesia mempunyai ekonomi yang sangat baik dibandingkan beberapa tahun yang lalu, karena pemerintahan Indonesia telah membuat 5% setiap kuartalnya sesuai dengan kebutuhan rakyatnya. Apa saja kebutuhan tersebut?

A. Kebutuhan Menurut Tingkat Intensitasnya

  1. Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi agar manusia dapat mempertahankan hidupnya, seperti sandang, pangan, dan pekerjaan.
  2. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang terjadi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Seperti: pendidikan, rekreasi.
  3. Kebutuhan tersier (Kebutuhan kemewahan) adalah kebutuhan yang terjadi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi, seperti komputer, handphone dan sebagainya.

B. Kebutuhan Menurut Sifatnya

  1. Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan jasmani. Misalnya makanan, minuman, pakaian, dan olahraga.
  2. Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang merupakan upaya manusia untuk memenuhi kepuasan jiwa atau rohani seseorang. Misalnya rekreasi, mendengarkan musik, dan ibadah

C. Kebutuhan Menurut Subjeknya

  1. Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang dirasakan oleh seseorang dan pemenuhannya dapat dilakukan secara individu. Misalnya petani membutuhkan cangkul, siswa membutuhkan buku tulis dan pensil.
  2. Kebutuhan kelompok atau kolektif adalah kebutuhan yang diraskan oleh kelompok orang secara bersamaan dan pemenuhannya dapat dilakukan secara bersama-sama, seperti jalan, rumah sakit, dan tempat rekreasi.

D. Kebutuhan Menurut Waktu

  1. Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi saat ini dan tidak boleh ditunda-tunda, misalnya obat bagi orang sakit, makan bagi orang lapar.
  2. Kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan yang sifatnya tidak terdesak dan dapat ditunda sampai dengan waktu yang telah ditentukan. Kebutuhan ini berhubungan dengan persediaan atau persiapan untuk waktu yang akan datang. Misalnya orang tua menabung untuk persiapan sekolah anaknya dan asuransi.

Selain negara memenuhi kebutuhan yang diberikan kepada masyarakat, pastinya negara juga mempunyai sistem bagaimana kebutuhan tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Sistem Ekonomi adalah suatu sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengatur maupun mengendalikan kegiatan ekonominya, dengan maksud untuk kepentingan rakyat dan negaranya. Berikut jenis-jenis dari sistem ekonomi yaitu:

1. Sistem Ekonomi Terpusat atau Komando yang merupakan sistem yang dimana semua kegiatan ekonomi diatur dan dikendalikan oleh negara. Sistem ekonomi ini memiki ciri-ciri yaitu:

  1. Semua sarana produksi dikuasai dan dikendalikan oleh negara.
  2. Pihak swasta tidak diberikan kebebasan dalam melakukan aktivitas ekonomi.
  3. Produksi dilakukan untuk kepentingan rakyat.
  4. Perencanaan disusun oleh pemerintah.
  5. Produksi, distribusi dan juga konsumsi diatur secara terpusat.

2. Sistem Ekonomi Liberal, merupakan sistem ekonomi yang secara penuh dikendalikan oleh masyarakat, tanpa adanya intervensi atau campur tangan dari pemerintah. Jadi sistem ekonomi jenis ini pengelolahan ekonomi diatur oleh kekuatan pasar yang berdasarkan pada permintaan dan juga penawaran. Dengan ciri-ciri:

  1. Kegiatan produksi dikuasai pihak swasta.
  2. Terdapat persaingan bebas.
  3. Harga barang-barang ditentukannya oleh pasar.
  4. Modal memiliki peranan yang penting pada kegiatan ekonomi.
  5. Semua kegiatan produksi yang dilakukan umumnya bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

3. Sistem Ekonomi Campuran, merupakan sistem ekonomi yang dimana digerakkan oleh pihak swasta dan diawasi oleh pemerintah dan mempunyai ciri-ciri seperti:

  1. Pemerintah ikut campur dalam kegiatan perekonomian.
  2. Pihak swasta ikut berperan dalam kegiatan perekonomian.
  3. Pemerintah dapat melakukan campur tangan/intervensi dalam kegiatan perekonomian, seperti membuat peraturan, menetapkan kebijakan, mengawasi pihak swasta dan sebagainya.
  4. Sumber daya yang vital atau besar biasanya dikuasai oleh pemerintah.
  5. Imbangnya peran pemerintah dan pihak swasta dalam kegiatan perekonomian.

Itulah penjelasan mengenai “Ekonomi”. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan anda yaa.. Apa bila ada kesalahan dengan pengetikan maaf ya guys saya juga manusia hehe… Seeyounexttime!